Struktur dasar motor hidrolik

- 2021-10-22-

(1) Turbin(motor hidrolik): Tipe impuls dan tipe counter-impact biasanya digunakan.

(2) Generator(motor hidrolik): sebagian besar generator menggunakan generator sinkron dengan kecepatan rendah, umumnya di bawah 750r/menit, dan beberapa hanya memiliki puluhan putaran/menit. Karena kecepatan rendah, jumlah kutub magnet besar. Ukuran dan berat strukturalnya besar; Bentuk pemasangan unit pembangkit hidrolik adalah vertikal dan horizontal.

(3) Perangkat pengatur dan kontrol kecepatan (termasuk pengatur kecepatan dan perangkat tekanan oli): Fungsi pengatur kecepatan adalah untuk mengatur kecepatan turbin untuk memastikan bahwa frekuensi energi listrik keluaran memenuhi persyaratan catu daya dan untuk mewujudkan unit operasi (start-up, stop, perubahan kecepatan, peningkatan beban dan pengurangan beban) dan operasi yang aman dan ekonomis. Oleh karena itu, kinerja gubernur harus memenuhi persyaratan operasi cepat, respons sensitif, stabilitas cepat, pengoperasian dan pemeliharaan yang mudah, dan juga memerlukan operasi manual yang andal dan perangkat penghentian kecelakaan.

(4) Sistem eksitasi(motor hidrolik): Generator hidrolik umumnya merupakan generator sinkron elektromagnetik. Dengan pengendalian sistem eksitasi DC, pengaturan tegangan energi listrik, pengaturan daya aktif dan pengaturan daya reaktif dapat diwujudkan untuk meningkatkan kualitas keluaran energi listrik.

(5) Sistem pendingin(motor hidrolik): Pendinginan generator hidrolik kecil terutama menggunakan udara untuk mendinginkan permukaan stator generator, rotor dan inti dengan sistem ventilasi. Namun, dengan peningkatan kapasitas generator tunggal, beban panas stator dan rotor terus meningkat. Untuk meningkatkan daya keluaran per satuan volume generator pada kecepatan tertentu, pendinginan air langsung dari belitan stator dan rotor diadopsi untuk generator hidrolik berkapasitas besar. Atau belitan stator didinginkan dengan air dan rotor didinginkan dengan angin kencang.

(6) Peralatan kontrol pembangkit listrik: Peralatan kontrol utama pembangkit listrik adalah komputer, yang mewujudkan fungsi jaringan paralel, pengaturan tegangan, pengaturan frekuensi, penyesuaian faktor daya, perlindungan dan komunikasi generator hidrolik.

(7) Perangkat pengereman(motor hidrolik): Generator hidrolik dengan kapasitas pengenal melebihi nilai tertentu dilengkapi dengan perangkat pengereman. Fungsinya adalah untuk menerapkan pengereman terus menerus ke rotor ketika kecepatan turun menjadi 30% ~ 40% dari kecepatan pengenal selama shutdown generator untuk menghindari pembakaran cangkang bantalan karena kerusakan lapisan oli pada kecepatan rendah. Fungsi lain dari rem adalah untuk mendongkrak bagian genset yang berputar dengan oli bertekanan tinggi sebelum pemasangan, overhaul dan start up. Sistem rem menggunakan udara terkompresi untuk pengereman.